KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



Mandiri Unggul Sementara

PEMILUKADA PERTAMA: Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thoby Uly menggunakan hak pilih di TPS I Desa Keduru Kecamatan Sabu Timur, Jumat (12/11). (JOEY RIHI GA/TIMEX)

MENIA, -Teka-teki siapa Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua terpilih kian jelas setelah Pemilukada digelar, Jumat (12/11) kemarin. Hasil perolehan suara sementara pasangan Marthen Dira Thome-Nikodemus Rihi Heke (Mandiri) bertengger di posisi teratas.

Juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan mengatakan pasangan yang diusung Partai Golkar ini meraih 13.043 suara atau 39,34 persen. Posisi kedua ditempati pasangan Piet Djami Rebo-Origenes Boeky (Terbukti) yang diusung PDI-Perjuangan dengan meraih 11.576 suara atau 35,46 persen.

Ia menambahkan berdasar informasi dari KPU Provinsi NTT, suara sah yang masuk hingga pukul 21.00 Wita tadi malam mencapai 33.152 suara. "Ini jumlah sementara di KPU dan lima pasangan lain memperoleh suara delapan persen lebih," tandas Djidon tanpa menyebut angka yang diperoleh lima pasangan calon lainnya.

Djidon mengatakan, hingga pukul 22.00 tadi malam, belum ada data yang dimasukkan ke KPU. Semua data masih berada di PPK dan baru akan diplenokan mulai Sabtu (13/11) hari ini hingga Senin (15/11) nanti.

Dijelaskan, jalannya proses pemilihan di Sabu Raijua pada Jumat (12/11) kemarin berlangsung aman dan lancar. "Tidak ada kendala sama sekali. Semua berjalan aman, lancar dan tertib. Sampai selesai tidak ada kendala teknis maupun non teknis," kata Djidon.

Berjalan Aman

Koresponden Harian Pagi Timor Express, Joey Rihi Ga dari Pulau Sabu melaporkan warga Sabu sudah memadati TPS yang disiapkan sejak pukul 07.00 Wita pagi. Pelaksanaan Pemilukada pertama di kabupaten bungsu di NTT ini berlangsung tertib dan aman.

Dari tujuh pasangan calon yang ikut dalam pesta demokrasi ini hanya tiga calon yang menggunakan hak pilih yakni Bernad Tanya, calon bupati dari pasangan Bersatu di TPS I Desa Mata’i Kecamatan Sabu Tengah.

Begitu pula Nikodemus Rihi Heke, calon wakil bupati dari pasangan Mandiri di TPS I Desa Eilode Kecamatan Sabu Tengah. Sedangkan Dany Okto Gigy, calon wakil bupati dari pasangan Doheleo di TPS I Desa Keduru Kecamatan Sabu Timur.

Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thoby Uly menggunakan hak pilih di TPS I Desa Keduru Kecamatan Sabu Timur. Di TPS ini, pasangan Terbukti yang diusung PDI-Perjuangan menang telak. Pasangan Mandiri meraih 81 suara, Mira Kaddi Hari 13 suara, Bersatu 61 suara, Terbukti 114 suara, Sarai 5 suara, Doheleo 50 suara dan Monehewewe 95 suara.

Pantauan di sejumlah TPS dua pasangan yakni Mandiri dan Terbukti bersaing ketat dalam perolehan suara. Seperti di TPS V Kelurahan Mebba kecamatan Sabu Barat, Mandiri meraih 217 suara, Mira Kaddi Hari 1 suara, Bersatu 6 suara, Terbukti 57 suara, Sarai 13 suara, Doheleo 12 suara dan Monehewewe 1 suara.

Di TPS I Kelurahan Limaggu, pasangan Mandiri meraih 205 suara, Mira Kaddi Hari 9 suara, Bersatu 174 suara, Terbukti 24 suara, Sarai 5 suara, Doheleo 14 suara dan Monehewewe 7 suara. Di TPS I Kelurahan Bolou Sabu Timur pasangan Mandiri meraih 115 suara, Mira Kaddi 15 suara, Bersatu 47 suara, Terbukti 98 suara, Sarai 12 suara, Doheleo 26 suara dan Monehewewe 7 suara.

Data sementara dari Sekretariat Partai Golkar Sabu hingga pukul 22.00 Wita, pasangan Mandiri meraih 10.357 suara, Mira Kaddi Hari 793 suara, Bersatu 4.126 suara, Terbukti 8.869 suara, Sarai 654 suara, Doheleo 1.683 suara dan Monehewewe 1.563 suara.

Ketua KPU Sabu Raijua Yudi Tagihuma mengatakan pelaksanaan tahapan pemilihan pada pemilukada Sabu Raijua berlangsung dalam suasana kondusif. Hal ini tidak terlepas dari kesiapan KPU, PPK, PPS dan semua KPPS serta panwas dan pihak-pihak terkait lainnya. Aparat keamanan pun menjalankan tugas dengan baik, sehingga suasana tetap kondusif.

Menurut Yudi, data di KPU masih bersifat sementara, sehingga harus menunggu pleno penetapan. Namun, untuk tingkat PPK, pleno sudah dilaksanakan Sabtu hari ini. Jika tidak ada aral tintangan, hari ini dua kecamatan akan melakukan pleno, yakni Kecamatan Sabu Barat dan Liae. Jadwal pleno PPK yakni tanggal 13 hingga 15 November 2010. Selanjutnya, pada tanggal 16 sampai 18 November 2010 digelar pleno tingkat KPU. "Kita harapkan semua pihak bersabar sampai ada penetapan resmi KPU," tandasnya.

Terkait hasil sementara pemilukada Sabu Raijua, Ketua Partai Golkar NTT, Ibrahim A. Medah kepada Timor Express, tadi malam, mengatakan, kemenangan pasangan Mandiri adalah hasil dari kerjasama paket, tim pemenangan, partai dan masyarakat, sehingga kalau ada pihak-pihak yang ingin melakukan kecurangan pasti akan mendapat perlawanan yang serius dari masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak jangan melakukan tindakan-tindakan yang akan menciderai demokrasi di Sabu Raijua.

Medah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sabu Raijua yang telah memberikan kepercayaan kepada pasangan Marthen Dira Tome-Nikodemus Rihi Heke dalam pemilukada Sabu Raijua. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada KPU dan Panwas serta pihak keamanan yang telah menjalankan tugasnya, sehingga pemilukada Sabu Raijua berlangsung aman dan lancar. "Terima kasih juga kepada semua tim pemenangan yang telah bekerja keras selama persiapan sampai pelaksanaan pemungutan suara dan pascapemilihan," kata Medah.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP NTT, Nelson Matara mengatakan, masyarakat Sabu Raijua bersama para kandidat di Sabu Raijau tidak boleh terprovokasi oleh informasi-informasi yang menyesatkan, sebab data resmi hanya ada di KPU. Oleh karena itu, masyarakat diminta agar jangan terpancing dengan data-data tidak valid dari pihak atau kelompok-kelompok tertentu.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD NTT, suasana kondusif harus terus dijaga agar tidak merugikan masyarakat Sabu Raijua. KPU dan Panwas diharapkan terus melaksanakan tugasnya dengan baik sampai penetapan pasangan calon terpilih serta berikan informasi yang pasti kepada masyarakat. "Mari kita jaga suasana agar tetap kondusif. Jangan sampai mengganggu kenyamanan masyarakat di Sabu Raijua," tandas Nelson.(


0 komentar to " Mandiri Unggul Sementara "

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters