KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



59 Formasi Tidak Ada Pelamar

SARAI, - Pembukaan formasi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) tahun 2010 di Kabupaten Sabu Raijua rupanya tidak menarik bagi pencari kerja, baik yang ada di Sabu maupun yang ada di luar Sabu.
Hal ini dibuktikan dengan adanya formasi yang dibuka, namun tidak diminati pencari kerja.
Formasi yang banyak tidak terisi pelamar adalah formasi di bidang kesahatan seperti pada formasi untuk tenaga dokter umum sebanyak tiga orang dan formasi dokter gigi satu orang, tahun ini tidak ada pelamar. Hal ini ini juga terjadi tahun lalu dimana ada dokter yang telah mengikut tes dan dinyatakan lulus, namun tidak mau melengkapi berkas sehingga formasi yang ada terbuang sia-sia.

Selain tenaga dokter, tenaga kesehatan seperti bidan serta tenaga pendidik dengan jurusan tertentu tidak banyak pelamar, sehingga dipastikan banyak formasi yang tidak terisi sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan pemerintah pusat yakni sebanyak 258 tenaga CPNSD yang dialokasikan untuk Pemkab Sabu Raijua tahun 2010.

Hal ini berbeda dengan pelamar untuk formasi SMA/sederajat dimana formasi yang ditetapkan sebanyak 15 orang harus diperebutkan 229 pelamar yang telah memasukkan lamaran ke Pemkab Sabu Raijua.

Salah satu panitia penerimaan CPNSD tahun 2010, Fidoris Sula merincikan, hingga hari terakhir pembukaan pendaftaran CPNSD, Senin (29/11) pelamar yang mendaftar berjumlah 840 orang. "Jadi hingga hari penutupan ada 840 pelamar yang sudah memasukkan lamaran dan menerima nomor testing dimana untuk kualifikasi pendidikan SMA/sederajat sebanyak 229 pelamar, D2 sebanyak 64 orang, D3 sebanyak 109 dan S1 sebanyak 438 pelamar," jelas Fidoris.

Dikatakan, untuk formasi tenaga kesehatan dari jumlah formasi yang disediakan sebanyak 67 formasi, namun yang mengajukan lamaran hanya 31 orang pelamar. Sementara, untuk tenaga pendidik khususnya guru fisika ada lima formasi yang tidak terisi.

"Jadi dari 258 formasi yang disediakan yang tidak terisi atau tidak ada pelamar yaitu satu formasi guru agama Katolik, lima formasi guru fisika SMP, dua formasi guru fisika SMA, dua formasi guru matematika SMA, dua guru seni budaya untuk SMK, dua guru budidaya rumput laut untuk SMK, tiga dokter umum, satu dokter gigi, 36 formasi kesehatan, satu D2 teknik sipil dan satu dokter hewan. Itu formasi yang tidak ada pelamar," urai Fidoris.

Dikatakan, khusus untuk formasi tenaga guru dan tenaga teknis akan dilakukan usulan pergeseran sementara untuk formasi tenaga kesehatan tidak bisa dilakukan. Untuk pelaksanaan ujian akan dilaksanakan, 13 Desember mendatang.

Terpisah, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Sabu Raijua, Simon Dira Tome mengatakan, banyaknya formasi yang sepi pelamar sangat merugikan Pemkab Sabu Raijua. Sebab, untuk mendapatkan jatah formasi dari pusat sangat susah, sehingga dirinya sangat menyayangkan kalau pencari kerja kurang berminat untuk bekerja di Sabu Raijua.

"Ini kita sangat sayangkan. Sebab, dengan tidak terisinya formasi yang ada, maka jelas kita dirugikan. Nah, untuk kedepan kita harus mencari jalan keluar supaya orang mau untuk bekerja dan merasa betah tinggal di Sabu.

Sebab, formasi yang tidak terisi seperti tenaga dokter itu sangat dibutuhkan di Sabu Raijua. Sementara, untuk anak-anak daerah yang sekolah dokter juga tidak terlalu banyak, sehingga mari kita berusaha membuat kesan yang baik di Sabu agar nanti ketika ada formasi yang dibuka tidak lagi sepi pelamar," ujar Simon.

Untuk diketahui, dokter di Sabu Raijua yang berstatus PNS hanya ada dua orang dan selebihnya hanya ada dokter PTT yang mendapatkan tugas di Sabu Raijua, sehingga terjadi kekurangan tenaga dokter di enam puskesmas yang ada di Sabu Raijua. [sarai/red]


2 komentar to " 59 Formasi Tidak Ada Pelamar "

  • Saya dr. Fariha, salah satu dokter PTT di Sabu Raijua, selama ini kami dokter PTT di Sabu raijua tidak mendapatkan insentif daerah dari kabupaten. Bagaimana bisa kami tertarik untuk menjadi CPNSD Sabu raijua

  • Saya Mahat Berlian Toro sangat menyayangkan kekosoongan pelamar cpnsd tahun 2010 di Sabu Raijua. Oleh karena itu Saya merasa ingin mengabdi menjadi PNS di Kabupaten Sabu Raijua untuk bersama sama membangun Sabu Raijua Kedepan. Menurut Saya Sabu Raijua Akan lebih cepat tumbuh dan berkembang jika adanya gerakan industrialisasi bidang sektoral. Oleh karena itu Saya mengusulkan agar penerimaan cpnsd tahun 2011 nanti mohon diadakan Formasi Tenaga Teknis dengan jabatan PENYULUH PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN, dengan kualifikasi pendidikan S1 TEKNIK INDUSTRI, dengan jumlah kebutuhan Tenaga sebanyak 3 (tiga) Formasi.

    Terima Kasih..

    Mahar Berlian Toro
    085228945563

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters