KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



Pelamar Sulit Legalisir KTP

MENIA, Timex - Para pelamar yang hendak mengikuti tes CPNSD di Kabupaten Sabu Raijua mengeluhkan keberadaan kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Tenaga Kerja Kabupaten Sabu Raijua, Alfred W Saununu.
Karena, Alfred tidak berada ditempat saat dibutuhkan pencari kerja untuk melegalisir kartu tanda penduduk (KTP) yang menjadi salah satu persyaratan yang harus dilampirkan pada saat mengajukan lamaran CPNSD tahun 2010.

Hal ini disampikan beberapa pelamar yakni Nelson Ratu, Mikael Bale dan Ester Kudji di Sabu pada hari pertama pembukaan pendaftaran CPNSD, Selasa (23/11).
Dikatakan, pembukaan formasi yang dilakukan Pemkab Sabu Raijua terbilang cukup singkat waktunya, sebab sehari setelah pengumuman dikeluarkan dengan persayaratan surat lamaran dan kelengkapannya, maka para pelamar merasa kesulitan untuk mengurus kelengkapan adminstrasi yang harus dipenuhi.

"Waktu pendaftaran cuma satu minggu dan pengumuman baru dikeluarkan kemarin. Nah, yang lebih parah lagi kita mau legalisir KTP tapi kepala Dinas Kependudukan ada di Kupang. Katanya nanti pulang minggu depan. Artinya, waktu untuk memasukan lamaran sudah ditutup. Inikan saat-saat yang harusnya Kadispenduk itu ada di Sabu, kenapa dia harus pergi saat kita butuh," tanya Nelson Ratu.

Dikatakan, selain sulitnya melegalisir KTP, para pelamar juga merasa, beberapa syarat adminstrasi yang ada dalam formasi CPNSD tahun 2010 sepertinya sudah diatur oleh pihak tertentu.

Dicontohkan, untuk formasi teknisi mesin dengan kualifikasi pendidikan bagi lulusan SMK mesin, maka salah satu persyaratan tambahan adalah harus memiliki SIM A Umum atau SIM B Umum. Sementara, untuk mengurus SIM para pelamar harus kembali ke Kupang untuk mengurus karena tidak bisa mengurus SIM di Sabu Raijua.

"Coba lihat formasi untuk SMK mesin, itu harus ada SIM A Umum atau SIM B Umum. Pasti yang bisa melamar adalah mereka yang memang tahu kalau pada formasi tersebut harus punya SIM. Artinya, kita bisa curiga bahwa formasi ini sudah dipersiapkan bagi orang tertentu karena mereka sudah punya persyaratan itu. Saya yakin yang nanti lulus itu adalah anak-anak dari luar Sabu atau yang punya koneksi dengan pembesar di Sabu," kata Mikael Bale.

Yang juga dipertanyakan adalah adanya formasi bagi SMA yakni sebagai pelatih sepak takraw dimana persyaratannya harus menyertakan foto copy piagam atau sertifikat atas prestasi yang dikeluarkan oleh lembaga atau induk organisasi olahraga yang berwenang. "Formasi ini jelas titipan bagi mereka yang berprestasi baru-baru. Itu boleh saja, tapi kan pasti ada yang cemburu. Kalau mau berikan penghargaan atas prestasi mereka, ya dengan cara lain bukan buka formasi lalu banyak yang hanya jadi penonton. Lalu kemudian berkilah kalau ada formasi bagi SMA," sesal Ester Kudji.

Pantauan di hari pertama pembukaan pendaftaran CPNSD yang dilakukan di kantor bupati Sabu Raijua tidak terlalu ramai diserbu pelamar. Yang kelihatan agak ramai adalah pada bagian formasi guru dimana panitia penerimanaan CPNS sedikit sibuk memeriksa berkas para pelamar.

Sementara, di formasi lainnya seperti tenaga teknis atau tenaga kesehatan kelihatan sepi pelamar. Justru ramai adalah para pelamar yang rata-rata SMA yang hendak melihat formasi yang ditempel di dinding kantor bupati.


0 komentar to " Pelamar Sulit Legalisir KTP "

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

Dapatkan update berita terbaru lewat E-mail anda

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters