KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



Lokasi Kantor Bupati Ditentukan Lewat Survei

MENIA - Penentuan lokasi pembangunan kantor bupati Sabu Raijua akan dilakukan setelah hasil survei teknis pada dua lokasi yang ada yakni di Lokapada dan Menia.

Hal ini dikatakan Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thobias Uly dalam tanggapannya atas pertanyaan Fraksi Partai Golkar dalam sidang I tahun 2010.

Pertanyaan fraksi mengenai lokasi pembangunan kantor bupati, karena adanya polemik yang terjadi mengenai kepastian tempat pembangunan kantor bupati yang mana pemilik tanah di Desa Menia Kecamatan Sabu Barat sebagai pemilik lahan yang telah menghibahkan tanahnya untuk pembangunan kantor bupati merasa di tipu oleh pemerintah karena ada niat untuk memindahkan lokasi dari Menia ke tempat lain.

Thobias mengatakan, mengenai rencana lokasi pembangunan kantor bupati, maka dapat dijelaskan, pemerintah menghargai mediasi yang dilakukan dewan yang terhormat terkait dengan polemik keluarga Tagi dan keluarga Lai Doma terhadap rencana lokasi pembangunan kantor bupati.

Untuk hal tersebut, pemerintah telah melakukan pembahasan yang intensif lintas sektor terkait hal mana dapat saja terjadi relokasi civic center dimaksud. Namun hal ini tentunya perlu dilakukan komunikasi yang intensif dengan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Pusat terkait dengan RTRW yang telah difasilitasi dalam penyusunannya.

"Perencanaan kota dalam konsep tata ruang wilayah kota, dimulai dari Ledeana sampai Menia dan khusus untuk civic center dimulai dari Lokopada sampai dengan Menia. Terkait dengan lokasi pembangunan kantor bupati masih dilakukan survei teknis pada dua tempat tersebut yakni Lokopada dan Menia. Dari hasil survei teknis yang nantinya akan menentukan titik/lokasi kantor bupati yang sebenarnya," ujar Thobias.

Untuk diketahui, keluarga Tagi Rehi dan Lay Doma sebagai pemilik tanah telah menyurati gubernur NTT yang tembusannya kepada ketua DPRD NTT dan DPRD Sabu Raijua. Selain itu, telah menyurati Menteri Kesehatan RI.

Dalam suratnya diceritakan mengenai kronologis tanah milik mereka yang dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kupang dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang karena waktu itu Sabu Raijua belum jadi sebuah kabupaten untuk dibangun rumah sakit umum Sabu.

Dalam perjalanannya ketika Sabu Raijua mau dijadikan sebuah kabupaten sendiri, maka salah satu persyaratannya adalah harus ada lokasi atau tanah yang disiapkan atau dihibahkan buat pembangunan kantor bupati. Untuk menjawab persyaratan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Kupang waktu itu melalui Camat Sabu Barat, Wempi Imanuel Riwu berusaha untuk mendekati tuan tanah yang memiliki lahan yang layak untuk dbangun sebuah kabupaten.

Waktu itu camat mendekati tuan tanah di Raetolo Desa Roboaba dan juga pemilik tanah di Desa Menia yakni keluarga Tagi Rehi dan Lay Doma. Namun pemilik tanah di raetolo tidak setuju tanahnya dibangun oleh gedung kantor bupati dan yang menyatakan bersedia adalah keluarga Tagi Rehi dan Lay Doma untuk menyerahkan tanahnya seluas 60 hektare dimana tanah yang diserahkan masih satu lokasi atau satu kompleks dengan tanah yang telah dihibahkan bagi pembangunan rumah sakit umum Sabu.

Karena Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua tidak lagi mau membangun pada lahan yang telah mereka hibahkan, maka pemilik tanah merasa dilecehkan dan tidak dihargai, sehingga meminta kembali hak milik mereka termasuk tanah yang telah dibangun rumah sakit umum yang saat ini sementara sebagai kantor bupati Sabu Raijua.

Tuan tanah menginginkan tanah mereka akan diberikan kepada pihak lain yang ingin menaruh investasi di Sabu Raijua atau sebagai tempat usaha bagi mereka karena pemerintah sudah tidak membutuhkannya lagi.


0 komentar to " Lokasi Kantor Bupati Ditentukan Lewat Survei "

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

Dapatkan update berita terbaru lewat E-mail anda

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters