KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



CPNSD Sabu Raijua yang diduga bermasalah

SEBA,- Untuk mengetahui lebih jelas tentang masalah CPNSD Sabu Raijua yang dinyatakan lulus tahun 2009, maka DPRD Sabu Raijua membentuk panitia khusus (pansus) guna menelusuri lebih jauh tentang permasalahan penerimaan CPNSD Sabu Raijua yang diduga bermasalah.

Demikian dikatakan Simon Dira Tome, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sabu Raijua, Jumat (7/5) saat melakukan interupsi dalam rapat dengar pendapat antara DPRD dengan panitia penerimanaan CPNSD Kabupaten Sabu Raijua di ruang sidang DPRD.

Pernyataan tersebut dikarenakan pemerintah yang diwakili Bagian Tatapem, Bagian Umum, Bagian Hukum serta panitia penerimaan CPNSD tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dewan dalam rapat dengar pendapat. Sehingga, dewan perlu membentuk pansus untuk menelusuri kesalahan atau mencari solusi mengenai nasib CPNSD Sabu Raijua yang sebagian belum dipanggil karena belum memiliki NIP dan sebagian bermasalah dengan kelengkapan administrasi yang ditolak BKN Denpasar.

Rapat dengar pendapat antara DPRD Sabu Raijua dengan panitia penerimaan CPNSD dimulai pukul 10.00 Wita dipimpin ketua sementara DPRD Kabupaten Sabu Raijua, Ruben Kale Dipa dan wakil ketua sementara, Paulus Rabe Tuka berlangsung cukup alot. Hal ini disebabkan, panitia penerimaan CPNSD yang diwakili kepala BKD Sabu Raijua, Lorens Dobbo Piwo, Fidoris Sula dan dua orang panitia tidak bisa menjawab dengan baik apa yang ditanya dewan.

Usulan agar DPRD segera membentuk pansus CPNSD yang dilontarkan Simon Dira Tome mendapatkan dukungan dari anggota lainnya seperti Yulianus Bora, Yosef Dimu, Leonidas VC Adoe dan beberapa anggota lain.

Pertanyaan yang gencar dilakukan Kornelis Lodo, ketua Fraksi Gabungan dan Robinson Radja Langu serta Paulus Rabe Tuka yang mempertanyakan mengapa NIP CPNSD diurus bergelombang sehingga ada CPNSD yang dipanggil, sementara yang lain belum dipanggil, kemudian ada CPNSD yang secara fisik tidak mengikuti tes tapi dinyatakan lulus serta beberapa CPNSD yang berkasnya ditolak, padahal pada saat mereka mengikuti tes panitia telah menyatakan persyaratan lengkap dan memberikan mereka nomor tes, sehingga mengikuti tes CPNSD.

Atas pertanyaan yang dilontarkan dewan secara bertubi-tubi, pantia penerimaan CPNSD yang diwakili kepala BKD, Lorens Dobbo Piwo dan Fidoris Sula secara bergantian menjawab pertanyaan dewan.

Panita pada kesempatan tersebut membantah kalau ada CPNSD yang secara fisik tidak mengikuti tes tapi lulus, sementara untuk NIP CPNSD, panitia telah ke Denpasar untuk mengurusnya, namun karena pejabat di BKN sedang tugas ke Jakarta, sehingga mereka terpaksa pulang dan hanya mengambil sebagian dari nota persetujuan NIP CPNSD.

Dijelaskan, sudah ada 173 CPNSD yang sudah ada nota persetujuan NIP dan 175 lainnya sudah disetujui BKN dan tinggal ditandatangi nota persetujuan NIP mereka. Untuk 16 orang CPNSD lainnya, berkas mereka belum lengkap, 12 orang tidak memenuhi syarat serta tiga orang tidak melengkapi berkas.

Bagi mereka yang dinyatakan masih bermasalah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sabu Raijua sudah melakukan lobi dan koordinasi dengan BKN Denpasar dalam hal ini Pemkab diwakili Plt Sekda, Octo Radja Pono, namun hingga saat ini panitia belum mendapat konfirmasi dari Plt Sekda mengenai hasil koordinasi dengan BKN.

Penjelasan panitia penerimaan CPNSD tidak diterima dewan, karena ada banyak pertanyaan yang tidak bisa dijelaskan oleh panitia. Ketua sementara DPRD Sabu Raijua, Ruben Kale Dipa mengatakan, panitia yang dibentuk penjabat bupati tidak bisa menjalankan kepercayaan yang diberikan kepada mereka, sehingga terjadi kasus yang merugikan CPNSD.

Untuk itu, dewan akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar orang-orang seperti itu tidak perlu dipertahankan di Sabu Raijua. Rapat dengar pendapat ditutup sekira pukul 14.00 Wita dan akan dilanjutkan setelah Penjabat Bupati Sabu Raijua, Thobias Uly berada di tempat.


0 komentar to " CPNSD Sabu Raijua yang diduga bermasalah "

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

Dapatkan update berita terbaru lewat E-mail anda

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters