KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



Rencana Tata Ruang Wilayah Sabu Raijua Siap Diperdakan

MENIA (SARAI) - Setelah dilakukan seminar publik selama dua kali, maka Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sabu Raijua telah siap diperdakan. Kalau tidak ada halangan, maka akhir Juli, Peraturan Daerah (Perda) tersebut sudah disahkan oleh DPRD.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Sabu Raijua, Ruben Kale Dipa, di Menia. Dikatakan, mengingat pentingnya penataan ruang sebagai basis dalam pembangunan, peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah sangat mendesak untuk segera ditetapkan. Dengan demikian, kegiatan pembangunan dapat segera dilaksanakan di lokasi yang tepat dan sesuai rencana.

"Dengan ditetapkannya Rencana Tata Ruang Wilayah dalam peraturan daerah diharapkan dapat memberikan arah yang jelas terhadap pola dan struktur ruang wilayah Kabupaten Sabu Raijua. Sehingga, dapat dijadikan acuan dalam merumuskan berbagai program pembangunan dan pengembangan wilayah, mewujudkan suatu hasil pemanfaatan ruang wilayah yang serasi, seimbang dan selaras bagi penghuni dan tatanan hidup masyarakat penghuninya,".

Dijelaskan, dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah yang dibuat oleh Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bertujuan untuk tercapainya suatu kondisi wilayah Kabupaten Sabu Raijua yang aman, nyaman dan serasi serta terkendali dalam pemanfaatan ruang wilayah dan kota.

Sebelumnya Rencana Tata Ruang Wilayah tersebut telah diseminarkan secara umum dengan tujuan bisa memberikan arahan teknis dalam merumuskan kebijaksanaan dalam pengembangan dan pemanfaatan ruang wilayah Kabupaten Sabu Raijua serta memberikan arahan teknis dalam menyusun pola dan struktur ruang wilayah di Kabupaten Sabu Raijua melakukan analisis kondisi eksisting keruangan wilayah.

"Perda tersebut mengedepankan aspek pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan serta berdasarkan kebijakan tata ruang yang baik," ujarnya.
Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah tersebut sudah dilakukan identifikasi kawasan keruangan wilayah yang sinergis dengan potensi wilayah serta merumuskan indikasi program pembangunan yang dilakukan pada setiap sektor terkait.

Sebagai dasar hukum dan acuan serta pedoman pokok dalam penyusunan dan penataan ruang wilayah Kabupaten Sabu Raijua agar lebih terarah dan rapi. DPRD telah menyiapkan Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah. Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah, nantinya kebijakan dan arah pembangunan daerah akan ditentukan. Pentingnya RTRW juga akan berpengaruh terhadap perkembangan Sabu Raijua di masa mendatang yang berdampak pada stabilitas, politik dan perekonomian daerah. Melalui Rencana Tata Ruang Wilayah sebagai acuan penyusunan program rencana pembangunan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

"Tujuan penataan ruang lainnya adalah untuk mempersiapkan dukungan ruang bagi pertambahan penduduk untuk jangka waktu 15 tahun kedepan. Melalui alokasi ruang dengan mempertimbangkan daya dukung lingkungan, struktur kependudukan yang terbentuk serta kecenderungan distribusi penduduk dalam sektor ekonomi.

Menanggulangi masalah kependudukan melalui peningkatan kualitas dan peningkatan peran serta masyarakat dalam mengelola sumber daya alam setempat dan penciptaan tata kaitan yang terpadu dalam proses penambahan nilai dan perluasan efek ganda terhadap pemanfaatan sumber daya alam yang ada di wilayah ini," (KAB. SABU-RAIJUA)


2 komentar to " Rencana Tata Ruang Wilayah Sabu Raijua Siap Diperdakan "

  • Rencana Tata Ruang Wilayah Sangat Penting , Namun perlu sosialisasi ke masyarakat sehingga pelaksanaan Pembangunan Ke depan tdk mengalami masalah.

  • Rencana yang bagus.. Lebih cepat tentu lebih baik sehingga pembangunan lebih terarah, sebaiknya tataruang direncana dengan baik dan usahakan agar seluruh wilayah maju bersama sehingga tidak nampak gap antara satu kecamatan/desa dengan kec/desa lain.

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters