KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



Prioritas Pemetaan Tata Ruang - Di Kabupaten Sabu Raijua

KUPANG,  hari ini, Kabupaten Sabu Raijua resmi memiliki kepala daerah dan wakil kepala daerah definitif, dengan dilantiknya Marthen Luther Dira Tome sebagai bupati terpilih dan Nikodemus Rihi Heke sebagai... wakil bupati terpilih.

Menyongsong momen tersebut, Nicky Uly, salah seorang tokoh asal Sabu di Kupang kepada, akhir pekan kemarin di Kupang menegaskan, yang patut menjadi prioritas dalam pembangunan di kabupaten bungsu itu adalah perlunya pemetaan tata ruang. Sehingga, potensi-potensi di sana tercover dengan baik agar dari potret yang ada itulah, dijadikan sebagai tolok ukur dalam pembangunan.

"Misalnya kota Seba, sektor jasanya yang dikedepankan. Sedangkan, Sabu Timur itu sektor pariwisata dan potensi lahan keringnya yang diprioritaskan. Kecamatan LiaE lebih pada potensi rumput laut, Mesara pada sektor pertanian dan pertambangan serta Raijua pada sektor perikanan," tegas Nicky.

Menurut kepala Dinas Perumahan dan Tata Ruang Kota Kupang itu, bupati dan wakil bupati terpilih perlu melakukan konsolidasi terhadap potensi-potensi yang ada di Sabu maupun luar Sabu yang bisa dikerahkan untuk turut membangun kabupaten itu kedepan.

Kontribusi yang dibutuhkan antara lain melalui investasi maupun pemikiran-pemikiran brilian mereka. "Banyak potensi SDM Sabu yang tersebar di luar. Nah, inilah yang mesti diberdayakan sehingga dijadikan sebagai modal dalam membangun kabupaten itu," ujar Nicky sembari menambahkan, banyak orang Sabu yang berada di luar (perantauan) dan itu adalah potensi yang harus dijaring oleh pemerintah saat ini.

Sebagai sebuah daerah terluar yang baru saja dibentuk, tentunya Sabu membutuhkan perhatian lebih dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Karena itu, fungsi kontrol harus terus dilaksanakan. "Apalagi Kabupaten Sabu Raijua adalah kabupaten yang berada di garis terluar negara ini. Demi pertimbangan pertahanan dan keamanan, maka harus ada perhatian lebih dari pemerintah terhadap daerah itu," ungkap Nicky.

Ia menegaskan kepada TNI maupun Polri agar secepatnya membentuk Kodim dan Polres persiapan Sabu-Raijua untuk perkuatan personil demi fungsi Hankam di daerah yang merupakan garis terluar negara itu.

Sementara, terkait perbedaan politik dalam pemilukada yang baru saja berakhir, Nicky menegaskan, semua itu harus diakhiri demi kemajuan Sabu Raijua. "Bupati dan wakil bupati terpilih harus berani melupakan yang sudah lalu dan menjadikan semua perbedaan itu sebuah kekuatan besar untuk membangun Sabu," pungkasnya.


1 komentar to " Prioritas Pemetaan Tata Ruang - Di Kabupaten Sabu Raijua "

  • Sebelumnya mohon maaf bila baru kali ini memberi komen. Karena baru tahu kalau Sarai meiliki blog. Saya sangat setuju dengan tulisan diatas, tapi bagaimana perkembangan sekarang. Pendidikan dan kesehatan juga perlu digarap setelah transportasi selesai. Saya bersediamebantu dalam bidang kesehatan dan pendidikan tenaga kesehatan untuk Sarai. Hanya.........belum paham kemana dan kepada siapa menginformasikan kesediaan ini. Semoga blog ini benar-benar menjadi ajang kita berbagi. Terima kasih.

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

Dapatkan update berita terbaru lewat E-mail anda

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters