KABUPATEN SABU - RAIJUA (SARAI)
"Jangan Lupa Berikan Komentar
Serta Masukan Yang Membangun "



26 Imigran Terdampar di Raijua

KUPANG,- Sebanyak 26 imigran asal Afganistan, Rabu (2/6) terdampar di pantai Tenyai Kolorae Kelurahan Ledeunu Kecamatan Raijua Kabupaten Sabu Raijua, setelah kapal yang ditumpangi mengalami kebocoran.

Camat Raijua, Welem Lukas Rohi yang sementara berada di Kupang membenarkan, dirinya telah dilaporkan sekretaris Kecamatan Raijua kalau telah terdampar 26 warga Afganistan di Raijua setelah kapal yang ditumpangi bocor. Dari jumlah 26 warga tersebut terdiri dari 24 orang laki-laki dan empat orang wanita. Dalam rombongan pengungsi ini juga terdapat seorang balita laki-laki.

"Benar, sesuai dengan laporan yang disampaikan pak sekcam kepada saya, ada pengungsi dari Afganistan yang bertujuan ke Australia dan ketika perahu yang mereka tumpangi itu mengalami kebocoran di bagian lambung perahu, mereka merapat di Raijua. Meraka terdampar disini sekitar jam 5 sore pada tanggal 2 Juni kemarin," jelas Welem.

Sementara, sekretaris Kecamatan Raijua, Salmon Pellokila yang dihubungi Timor Express lewat telepon selularnya mengatakan, para imigran yang terdampar di Raijua sementara ditampung di terminal penumpang di pelabuhan Ledeunu Raijua.

Para imigran ini langsung ditangani pihak kecamatan dibantu Polsek dan Babinsa setempat dalam mengamankan para imigran. Pihak kecamatan bersama masyarakat setempat terpaksa harus berpatungan makanan untuk diberikan kepada para imigran.

"Untuk sementara keadaan mereka baik-baik saja tidak ada yang sakit. Kita sementara menampung mereka di terminal pelabuhan. Sebab, tempat mereka terdampar tidak terlalu jauh dari dermaga, sehingga kami menampung mereka di terminal. Untuk makan minum terpaksa kita bersama masyarakat harus patungan beras atau super mie untuk kasih mereka makan," jelas Salmon dari balik ponselnya.

Dijelaskan, ke-26 imigran tersebut menggunakan kapal yang tidak ada surat-surat, semenatar para penumpangnya mempunyai surat keterangan sebagai pengungsi yang dikeluarkan oleh lembaga pengungsi dunia, international organization for migration (IOM).


0 komentar to " 26 Imigran Terdampar di Raijua "

Posting Komentar

Syalom !!

Mudah - mudahan blog ini bermanfaat untuk anda, dalam menambah wawasan dan pengetahuan seputar Kabupaten Sabu-Raijua (SARAI)

Click Here To Visit The Facebook Page

SARAI Friend's

Entri Populer

About This Blog

free counters

Page Views

Web hosting for webmasters